Keuangan

Satgas Minta Masyarakat Simpan Daftar Usaha Pinjaman Legal

Mandiri Utama Finance akan selalu hadir dengan menyediakan produk dan layanan yang beragam sesuai siklus kehidupan konsumen dan memberikan pengalaman yang menguntungkan untuk Anda. PT.PAM merupakan badan hukum yang didirikan berdasarkan Hukum Republik Indonesia. Perusahaan tidak menyediakan segala bentuk saran atau rekomendasi pendanaan terkait pilihan-pilihan dalam situs ini. Pastikan aplikasi pinjaman yang digunakan resmi dari Play Store atay App Store. Karena, jika aplikasi yang diunduh berasal dari sumber tidak resmi akan berpotensi memberikan akses pada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil data pribadi Anda melalui berbagai malware hingga adware. Terlebih pinjol memang dikembangkan untuk memudahkan masyarakat mengatasi berbagai masalah keuangan dengan lebih mudah dengan keunggulan yang ditawarkannya.

Oleh karena itu, Otoritas Jasa Keuangan selaku lembaga jasa keuangan resmi di Indonesia menyarankan masyarakat agar lebih cermat memilih perusahaan fintech dan jangan mudah termakan janji manis dari fintech ilegal. JAKARTA, KOMPAS.com – Cara cek pinjaman online legal atau ilegal dapat dilakukan dengan mudah. Setidaknya, ada tiga cara resmi yang bisa Anda gunakan untuk mengecek status sebuah perusahaan pinjol apakah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau tidak. Syarat meminjam uang di Tunaiku cukup mudah karena tanpa jaminan. Cara peminjamannya pun cepat, dengan mengisi formulir pengajuan , persetujuan , kontrak (1-3 hari kerja), dan setelah itu uang segera cair. Sebelum mengajukan pinjaman dana tunai pada aplikasi online, pastikan terlebih dahulu kejelasan identitas perusahaan.

Sebagai solusi jangka pendek untuk mengatasi maraknya pinjol ilegal, SWI akan mengedukasi masyarakat, melalukan pemblokiran, dan penegakan hukum. Sedangkan untuk solusi jangka menengah panjang, SWI akan membuka akses pendanaan yang lebih luas kepada masyarakat, melakukan program peningkatan pendapatan masyarakat, serta memperkuat payung hukum melalui UU Perlindungan Data Pribadi dan UU Fintech. Dari sisi perencanaan keuangan, pinjaman online dinilai bukan solusi jika sedang membutuhkan dana segar. Perencana keuangan, Mike Rini mengatakan, sekalipun dalam kondisi terdesak, berutang jangan dijadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan.

Sebenarnya pemerintah melalui OJK dan jajarannya tidak pernah berhenti untuk melakukan penghentian dan pemblokiran pada aplikasi pinjol ilegal. Namun sangking banyaknya platfrom pinjol ilegal, mereka terus muncul dan melumpuhkan korbannya setiap saat. Karena kini mmodus investasi dan pinjol ilegal semakin marak di masayrakat dengan peryaratan yang sangat mudah. Sekali kamu meminjam dari fintech, kamu harus paham bahwa itu adalah utang yang harus segera dibayarkan. Kamu perlu secara rutin dan konsisten menyisihkan gajimu untuk melunasi seluruh pinjaman agar segera terbebas dari utang. Kalau perlu, catat tanggal jatuh tempo bulanan agar tidak telat.

Walau tindakan ini tak sesuai ketentuan OJK, ada beberapa layanan fintech yang melakukan pelanggaran ini. Tapi, namanya demi memenuhi kebutuhan mendesak, banyak orang yang cenderung nekat meminjam di penyedia pinjaman online yang gak terdaftar di OJK. Menanggapi itu, Otoritas Jasa Keuangan terus meminta masyarakat untuk tidak mudah tergiur dengan pinjaman online atau pinjol.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button