Keuangan

7 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Cepat Cair, Terpercaya & Terdaftar Ojk!

Kebanyakan pinjaman online hanya mensyaratkan Anda untuk mengirim foto diri dengan KTP, lalu alamat email dan akun media sosial saja di samping mengisi data diri. Setelah aplikasi dimasukkan, jika semua sudah lengkap dan tidak ada masalah, tinggal tunggu beberapa saat saja Anda sudah bisa mendapatkan dana yang Anda inginkan. Konsumen fintech lending harus mempertimbangkan bunga yang diberlakukan setiap penyedia layanan kredit. Pertimbangan ini bisa berdasarkan kemampuan konsumen untuk membayar besaran bunga tersebut, serta apakah masih dalam koridor batas wajar besaran bunga yang ditetapkan oleh OJK. “Dari data yang ada, keberadaan pinjaman online memang dibutuhkan masyarakat sebetulnya. Hal ini untuk melayani pendanaan yang tak bisa dilayani sektor keuangan formal. Kami apresiasi kehadirannya, yang legal ya tentunya,” jelas Tongam.

Untuk menyisir aksi tersebut, OJK juga ternyata melakukan penyisiran melalui media sosial. Sehingga bagi fintech Peer to Peer lending yang namanya sudah tenar diperbincangkan di media sosial lantaran aksi buruknya akan di-blacklist OJK. Fintech yang terbukti melakukan pelanggaran terhadap nasabah, OJK tidak akan menerima pendafatarannya serta menolak mentah-mentah pengajuan izinnya.

Informasi tersebut bisa diperoleh masyarakat di situs masing-masing perusahaan. “Kalau dari bunga itu merasa tidak mampu membayar, ya jangan pinjam,” kata Sunu. “Legal artinya, konsumen menggunakan produk yang diatur dan diawasi regulator terkait serta memastikan entitasnya sudah mendapatkan izin sesuai kegiatan investasi. Sedangkan logis artinya, tidak mudah terpengaruh dengan siapapun.

Misalnya, pasal 26 UU ITE yang menyatakan bahwa penggunaan data pribadi seseorang melalui media elektronik harus dilakukan atas persetujuan orang yang bersangkutan. Sementara itu, untuk pinjaman online legal biasanya memberikan persyaratan yang sedikit lebih kompleks dan harus memberikan data diri lengkap. Mereka juga umumnya menyeleksi calon peminjam alias tidak sembarangan untuk memberikan pinjaman.

Untuk mengantisipasi agar tidak menjadi korban dari investasi ilegal dan pinjaman online ilegal hendaknya memastikan dulu ketika akan berinvestasi maupun meminjam, melalui lembaga memiliki ijin resmi dari pemerintah atau yang benar-benar legal. Rata-rata peminjaman uang di pinjol tak membutuhkan jaminan dan didukung syarat yang mudah. Namun kamu harus tahu bahwa bunga pinjaman online ternyata lebih tinggi dari bank. Hal inilah yang tak disadari pengguna pinjol dan lupa untuk membandingkannya dengan bunga pinjaman di bank. Bagaimanapun layanan pemberi pinjol tetap berorientasi pada bisnis karena memberikan pinjaman tanpa bunga memiliki resiko yang sangat tinggi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button